Sabtu, 08 September 2012

EPIDEMIOLOGI


Epidemiologi mengalami perkembangan sesuai dengan perkembangan zaman. sejarah epidemiologi, pada mulanya epidemiologi diartikan sebagai studi tentang epidemic (penyakitt-penyakit menular). tetapi zaman terus berkembang, sehingga pengertian tersebut mengalami perubahan atau perbaikan.
berikut ini pengertian atau definisi epidemiologi dari berbagai tokoh internasional dari yang tertua sampai masa sekarang.
  1. Definisi Epidemiologi dari berbagi tokoh Internasional:
  1. Hirsch ( 1883 )
Epidemiologi adalah suatu gambaran kejadian, penyebaran dari jenis – jenis penyakit pada manusia pada saat tertentu di berbagai tempat di bumi dan mengkaitkan dengan kondisi eksternal
  1. Greenwood ( 1934)
Mengatakan bahwa Epidemiologi mempelajari tentang penyakit dan segala macam kejadian yang mengenai kelompok ( herd ) penduduk.adalah adanya penekanan pada Kelompok Penduduk yang mengarah kepada Distribusi suatu penyakit.
  1. Moris ( 1964 )
Epidemiologi adalah suatu pengetahuan tentang sehat dan sakit dari suatu penduduk.
  1. Brian Mac Mahon ( 1970 )
Epidemiology is the study of the distribution and determinants of disease frequency in man. Epidemiologi adalah Studi tentang penyebaran dan penyebab frekwensi penyakit pada manusia dan mengapa terjadi distribusi semacam itu. Di sini sudah mulai menentukan Distribusi Penyakit dan mencari Penyebab terjadinya Distribusi dari suatu penyakit.
  1. Wade Hampton Frost ( 1972 )
Mendefinisikan Epidemiologi sebagai Suatu pengetahuan tentang fenomena massal ( Mass Phenomen ) penyakit infeksi atau sebagai riwayat alamiah ( Natural History ) penyakit menular.
Di sini tampak bahwa pada waktu itu perhatian epidemiologi hanya ditujukan kepada masalah penyakit infeksi yang terjadi/mengenai masyarakat/massa.
  1. Gary D. Friedman ( 1974 )
Epidemiology is the study of disease occurance in human populations.
  1. Abdel R. Omran ( 1974 )
Epidemiologi adalah suatu ilmu mengenai terjadinya dan distribusi keadaan kesehatan, penyakit dan perubahan pada penduduk, begitu juga determinannya serta akibat – akibat yang terjadi pada kelompok penduduk.
  1. Lilienfeld ( 1977 )
Epidemiologi adalah suatu metode pemikiran tentang penyakit yang berkaitan dengan penilaian biologis dan berasal dari pengamatan suatu tingkat kesehatan populasi.
  1. Last ( 1988 )
Epidemiology is study of the distribution and determinants of health – related states or events in specified population and the application of this study to control of problems.
  1. Anders Ahlbom & Staffan Norel ( 1989 )
Epidemiologi adalah Ilmu Pengetahuan mengenai terjadinya penyakit pada populasi manusia.
  1. Robert H. Fletcher ( 1991 )
Epidemiologi adalah disiplin riset yang membahas tentang distribusi dan determinan penyakit dalam populasi.
  1. Barbara Valanis
Epidemiology is term derived from the greek languang ( epid = upon ; demos = people ; logos = science ).
  1. Elizabeth Barrett
Epidemiology is study of the distribution and causes of diseases.
  1. Judith S. Mausner ; Anita K. Bahn
Epidemiology is concerned with the extend and types of illness and injuries in groups of people and with the factors which influence their distribution.
  1. Lewis H. Rohf ; Beatrice J. Selwyn
Epidemiology is the description and explanation of the differences in accurence of events of medical concern in subgroup of population, where the population has been subdivided according to some characteristic believed to influence of the event.

  1. Pengertian Epidemiologi Menurut Asal Kata

Jika ditinjau dari asal kata Epidemiologi berasal dari bahasa Yunani yang terdiri dari 3 kata dasar yaitu epi yang berarti pada atau tentang, demos yang berati penduduk dan kata terakhir adalalah logos yang berarti ilmu pengetahuan. Jadi epidemilogi adalah ilmu yang mempelajari tentang penduduk.

Sedangkan dalam pengertian modern pada saat ini epidemiologi adalah :
“Ilmu yang mempelajari tentang Frekuensi dan Distribusi (Penyebaran) serta Determinat masalah kesehatan pada sekelompok orang/masyarakat serta Determinannya (Faktor – factor yang Mempengaruhinya).

Suatu ilmu yang awalnya mempelajari timbulnya, perjalanan, dan pencegahan pada penyakit infeksi menular. Tapi dalam perkembangannya hingga saat ini masalah yang dihadapi penduduk tidak hanya penyakit menular saja, melainkan juga penyakit tidak menular, penyakit degenaratif, kanker, penyakit jiwa, kecelakaan lalu lintas, dan sebagainya. Oleh karena itu, epidemiologi telah menjangkau hal tersebut.



  1. Pengertian Epidemiologi menurut WHO

Epidemiology is the study of the distribution and determinants of health-related states or events (including disease), and the application of this study to the control of diseases and other health problems. Various methods can be used to carry out epidemiological investigations: surveillance and descriptive studies can be used to study distribution; analytical studies are used to study determinants.
Epidemiologi adalah ilmu yang mempelajari distribusi dan determinan dari peristiwa kesehatan dan peristiwa lainnya yang berhubungan dengan kesehatan yang menimpa sekelompok masyarakat dan menerapkan ilmu tersebut untuk memecahkan masalah-masalah tersebut.

KESIMPULAN
setelah membaca beberapa pengertian epidemiologi dari berbagai sumber. menurut saya, epidemiologi bukanlah ilmu yang mempelajari penyakit-penyakit menular (epidemic) saja, akan tetapi epidemiologi juga mempelajari penyakit-penyakit non infeksi, frekuensi dan distribusi (penyebaran) penyakit pada manusia di dalam konteks lingkungannya serta faktor -faktor yang mempengaruhinya.
 
setelah mengetahui beberapa definisi epidemiologi dari yang tertua sampai masa kini, berikut ini ada sepenggal kalimat yang berbunyi, “The core of Public Health Science is Epidemiology”(Inti dari Ilmu Kesehatan Masyarakat adalah Epidemiologi) yang diungkapkan oleh seorang tokoh yang bernama Gerstman pada tahun 1998. kalimat tersebut terdapat dalam sebuah buku yang berjudul "Prinsip dan Metode Riset Epidemiologi" yang di tulis oleh Bhisma Murti.

selain itu, ada beberapa pernyataan lain yang mengatakan bahwa epidemiologi merupakan inti dari Ilmu Kesehatan Masyarakat.

Epidemiology, one of the core sciences of public health, is “the study of the distribution and determinants of health-related states and events in specific populations, and the application of this study to control of health problems.” ( Last JM. A Dictionary of Epidemiology. 4th edition. New York: Oxford University Press, 2001:62.)

Epidemiologi, salah satu ilmu inti dari kesehatan masyarakat, adalah "studi tentang distribusi dan faktor-faktor penentu kesehatan yang berhubungan dengan negara dan peristiwa dalam populasi tertentu, dan penerapan penelitian ini untuk mengontrol masalah kesehatan." (JM terakhir. Kamus A Epidemiologi edisi 4 New York:... Oxford University Press, 2001:62)

Epidemiologi merupakan disiplin ilmu inti dari ilmu kesehatan masyarakat (public health). Profesor Sally Blakley dalam kuliah pengantar epidemiologi pada Tulane School of Public Health and Tropical Medicine, New Orleans, pada 1990 menyebut epidemiologi ”the mother science of public health” (Blakley, 1990).

REFERENSI :
Murti, Bhisma.1997. Prinsip dan Metode Riset Epidemiologi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Budiarto, Eko.2003. Pengantar Epidemiologi. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC 
Bustan MN ( 2002 ). Pengantar Epidemiologi. Jakarta: Rineka Cipta
Nasry, Nur dasar-dasar epidemiologi

0 komentar:

Posting Komentar